Kamis, 10 November 2011

Proses Pemberian Pakan Jangkrik





Pada tahap selanjutnya ini adalah proses pemberian pakan untuk anakan jangkrik yang baru netas hingga masa panen . proses pemberian pakan berdasarkan pengalaman saya sendiri ya

Berikut adalah langkah-langkah nya:
  • Umur 1-2 hari diberi pakan poor (pakan ayam) nomor kode 311
  • Umur 3-15 hari diberi pakan poor murni dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan Gambas,
  • Umur 16-27 hari diberi pakan poor dan dedak halus dengan perbandingan 1:2 (1 untuk poor dan 2 untuk dedak ) dan masukkan juga sayur-sayuran ..... Untuk periode ini sedikit demi sdikit di beri daun ubi ya (yang jenisnya kuning) hingga lahap memakannya.
  • Umur 28-32 diberi pakan poor : dedak (1:3) dan diberi daun ubi besaerta batangnya yang mudah hingga panen tiba
  • Umur 33 - Panen diberi pakan batang ubi yang mudah beserta poor dan Dedak (hal ini diperbuat agar jangkrik mempunyai daya tahan yang kuat dalam kondisi panen nantinya )

Oke sampai sini saja tentang pemberian pakanya ya ...... info ini berdasarkan pengalaman saya . Jadi klu misalkan agan mau berbeda ya silakan ....he....he......

-------Slm sukses -------
==Peternak Jangkrik==

Nb.
  1. Bersikan kandang dari bekas pakan yang sudah berjamur ataubusuk (jangan dibiarkan busuk didalam kandang)
  2. Siram Air Dengan Menggunakan semprotan ke dalam kotak jangkrik setidaknya 1 kali sehari (jika kondisi terlalu panas bisa sampai 3 kali sehari )





Saya akan sangat senang sekali jika anda mau memberi komentar

34 komentar:

Anonim mengatakan...

blognya super om
saya sangat tertarik, saya mau coba buat kandang kecil, tapi om maksud batang ubi itu, apanya yang dikasih ke jangkrik?

thanks om...

Admin mengatakan...

Maksudnya adalah bagian batang ubi yang pucuk mas..... yang masi hijau ataupun mudah agar mudah untuk dikonsumsi oleh jangkrik besar ...

Anonim mengatakan...

kalo saya kasih sawi ama pur 511 polosjangkri umur diatas 13hari makanya malahan berkurang? apa karena musim hujan ya?? atau gara2 pur yang saya simpan terlalu lama? sya beli satu karung saya blender n simpan sampai berminggu minggu baru kasih ke jangkrik...
email : tebe_eighters@yahoo.com
081904136374

azhura mengatakan...

saya baru mulai usaha ternak jangkrik bulan 9 kemaren, baru 1 kali panen pd bulan 10, nah bulan berikutnya sampai dengan sekarang ini gagal panen terus karena pas mau panen pada bermatian semua, ada yg masih umur 2 minggu udh pada mati, segala makanan udh di coba dari 311 sampai yng lainnya, jadi kalau bisa saya berkunjung ke lokasi peternakan abangda, kebetulan saya di medan, sekalian serring ama belajar, kira-kira gimana cara menghubungi abangda, atau lokasi peternakannya dimananya?.

Peternak Jangkrik mengatakan...

To TB = musim hujan juga mempengaruhi proses perkembangan jangkrik itu sendiri mas . . usahakan jangan langsung berhadapan dengan udara luar

To aZHURA = OOOO ITU DISEBABKAN KARENA KONDISI KANDANG KURANG STERIL .... Biasanya disaat kecil dia tdk pa2 tapi klu sudah mau panen pasti mati .... kandang dicuci bersih lalu dijemur hingga kering . jika pakai triplek bakar kandang bagian dalam dengan menggunakan korek atau pembakar lainya agar jamur2 yang berada dikandang mati ...

M. Yusuf mengatakan...

blognya mantap mas, banyak membantu kita. Ada satu pertanyaan yang ingin saya sampaikan yaitu, seberapa sering kita boleh membersihkan kandang dari sisa2 makanan baik sayuran ataupun poor bila jangkrik belum siap panen atau dalam kondisi masih di dalam kandang, karena setahu saya kalau terlalu sering jangkrik juga terganggu, makasih mas ilmunya.Semoga bermanfaat untuk kita semua.

peternak jangkrik mengatakan...

To : M.yusuf = sebaiknya jika ingin membersikan kandang pada bagian atas yang tampak saja mas . angkat semua bekas makanan yang membuasuk ataupun kering yang tidak lagi dimakan oleh jangkrik . karena klu kita bongkar keseluruhan akan membuat jangkrik stress dan mudah mati . hasil berdasarkan pengalaman saya

Anonim mengatakan...

maksudnya tidak berhadapan dengan udara luar apa mas?? ditutup rapat??
kalau saya siang dibuka dan malam ditutup
waktu itu pernah saya tutup terus malah tambah parah kanibalnya mas...
kalau pakai lampu bagaimana mas???
tebe_eighters@yahoo.com

Anonim mengatakan...

mas mw tanya lagi
barusan saya lihat galeri masnya..
itu dalam kotak jangkrik tidak diisi dengan tray penuh .. apa ada maksudnya??

peternak jangkrik mengatakan...

To tebe: maksudnya adalah jangan biarkan kondisi kandang berada di luar ruangan karena pengaru udarah sangat tidak baik bagi perkembangan jangkrik , apalagi yang kondisinya terkadang panas dingin...... maka jangkrik akan rentan mati


o...yang tidak penuh itu sudah siap diangkat mas....... Kondisi sudah dibersikan....

Anonim mengatakan...

kalo pakai lampu 5 watt cukup ga??
saya pake lampu 60 watt di kotak keliatannya lebih agresif jangkriknya.. cuma kalo kotak banyak listrik boros hehehe...
Kotak harus steril banget ya gan.. eggtray berarti harus ganti terus ya.. biar ga nyebar penyakit..

peternak jangkrik mengatakan...

Yup....... bener gan

Anonim mengatakan...

wah si agan ini mantap... makasih nih atas infonya...
kasus saya sama kaya mas azura yg di atas, guagal terus.. ntar kalo udah bersih kotaknya tunggu kabar dr saya.. insya allah saya pesen telur...
nah itu ada 2 tipe telur yang saya baru denger
telur putih ama kuning..
bedanya apa gan???

tebe_eighters@yahoo.com

peternak jangkrik mengatakan...

sama aja gan ...... hasil jangkriknya berwarna kuning tapi kami menyebutnya jangkrik putih ........ ada2 aja ni orang medan...he.............

johan sitohang mengatakan...

bang ada yang mau nampung jangkrik gak???
saya ada beberapa kotak siap panen ne.
mohon bantuannya ya...

johan sitohang mengatakan...

bang ada yang mau nampung jangkrik gak???
saya ada beberapa kotak siap panen ne.
mohon bantuannya ya...

idi omerta mengatakan...

salam kenal, sy peternak jangkrik br 3 bln..mau nanya
1. Jangkrik yg br netas usia 10-15 hari bnyk yg mati, pdhl voer+sayur,eggtray,kebersihan,suhu,lampu dll semua sdh sy lakukan
2. Pake Voer jenis apa biar jangkrik cpt besar? Saat ini sy pake BR1

peternak jangkrik mengatakan...

To="idi omerta"

Biasanya kematianya disebabkan karena kondisi kandang yang krang bersih gan
Pake yang jenis 311 gan .... pakan ayam yang paling halus

Anonim mengatakan...

to idiomerta
saya newbie juga,mw coba bantu
kayanya bener tuh kata yg punya blog, masih kurang bersih
1.tray ganti tiap panen
2.cuci kotak pake detergen,jemur,semprot rodalon n jemur lagi
jamur juga bahaya buat jangkrik
Note : mohon dikoreksi kalo ada kesalahan

Anonim mengatakan...

johan sitohang tingal dimana, asal cocok saya mau jangkriknya bos, bagaimana kita bisa berhubungan. makasih ruangnya ya bos.

Anonim mengatakan...

pengepul asal medan ada gk ya,
klo ada sms k no q ya,,085232019494

Anonim mengatakan...

beli benih jangkik dimana mas?,posisi sy di medan

Anonim mengatakan...

saya mau beli benih/bibit jangkrik posisi sy di medan jk teman teman tahu mhn info ke saya 081375626150/085372226773 ditunggu wass

Anonim mengatakan...

harga jangkrik berapa ya/perkilonya...saya di jombang jatim...seminggu lagi siap panen...
pengepul yang dekat dimana ya?
erna...ym dewa.erna@yahoo.com

Anonim mengatakan...

sms ke no 081330533740
kalau ada pengepul dekat jombang jawa timur
nohon info harga jangkrik..
dr erna

Anonim mengatakan...

gan sebenarnya berapa besar pengaruh pemberian lampu terhadap perkembangan jangkrik?

Anonim mengatakan...

sms ke no 085776548184

kalau ada pengepul dibekasi
mohon infonya , karena saya ada jangkrik yang siap panen

terima kasih
cici

Iwan Zatnika mengatakan...

Kami butuh telur
Wilayah jawa barat
Tlp, 085321411021

Anonim mengatakan...

awek

Anonim mengatakan...

ada yang punya jangkrik adu gak ,sayamauinformasinya
thank ya

Anonim mengatakan...

gan saya kan pemula

sya mau tanya:bagaimana cara memberi minum nya

hen-hen suhe mengatakan...

gan tumpang nanya,,,kalo sekarang harga telur nya brapa per ons???
dan harga jangkrik nya brapa sknrg per kg??? mhon bls gan,,
maksi atas infonya..

Dinda Tixo mengatakan...

Gan saya pemula ternak jangkrik dan skrang masih umur 15hari...
kalo ada pengepul mau beli jangkrik saya sms ke no ini
082233106763

Heri mengatakan...

Saya baru beternak jangkrik dan siap panen..
mohon info pengepul jangkrik di tangerang. 081318308830. thnks

Poskan Komentar